Ketentuan Gratis Ongkir Lazada
Oleh Super Admin / Category: Berjualan di Lazada, Dilihat 49905 Kali

A. Program Gratis Ongkir untuk Seller
Setiap marketplace selalu menawarkan keuntungan-keuntungan bagi pelanggan agar menarik minat belanja masyarakat. Salah satunya promo gratis ongkir, untuk marketplace seperti Lazada, promo tersebut diberlakukan untuk Seller dan Buyer. Seller Lazada dapat mensubsidi sendiri ongkos pengiriman untuk pelanggan, dengan fleksibilitas untuk mengatur gratis ongkir berdasarkan budget, kondisi, wilayah gratis ongkir dan SKU tertentu. Seller akan menanggung sendiri subsidi gratis ongkir dan Lazada akan memotong subsidi gratis ongkir setiap bulannya melalui Account Statement.
Subsidi gratis ongkir Lazada terbagi pada beberapa wilayah
Hal tersebut diatas berbeda dengan program gratis ongkir yang diberikan oleh Lazada. Efektif per tanggal 13 April 2019 Lazada menerapkan sistem ongkir terbaru dengan program gratis ongkir yang hanya berlaku pada kondisi tertentu. Lazada memisahkan perhitungan tarif ongkir kedalam beberapa wilayah seperti terlihat pada gambar :
Baru-baru ini Lazada memberikan promo gratis ongkir untuk pelanggan yang berbelanja minimal Rp 90.000 di toko Lazada atau di LazMall. Promo gratis ongkir yang disubsidi oleh Lazada terdiri dari :
1. Gratis ongkir dengan minimum belanja Rp.120.000 di Lazmall, promo ini berlaku untuk pelanggan Lazada di seluruh Indonesia di wilayah 1 hingga 7 dengan subsidi sampai dengan Rp.30.000
2. Gratis ongkir dengan minimum belanja Rp.120.000 di Marketplace yang dijual dan dikirim oleh Seller, promo ini berlaku untuk pelanggan Lazada di seluruh Jawa & Bali yaitu wilayah 1,2,3 dan 4) dari Seller yang berada di wilayah 1,2,3 dan 4
Lazada memberlakukan subsidi dengan batasan wilayah sehingga seller dapat meningkatkan cakupan wilayah subsidi dan pembeli dapat meningkatkan pembelian mereka. Berikut merupakan ketentuannya :
1. Lazada memberikan subsidi ongkir dengan minimal jumlah belanja Rp.90.000
2. Lazada memberikan subsidi ongkir Rp.30.000
3. Subsidi hanya berlaku untuk seller dan pelanggan yang berada pada wilayah 1 hingga 4 yaitu pulau Jawa dan Bali
Untuk melihat detail ongkos kirim per wilayah anda dapat mengakses link berikut https://bit.ly/30gYHku
Cara menggunakan fitur FreeShipping untuk Seller
Seller dapat dengan mudah mengakses fitur gratis ongkir dengan mengunjungi halaman Lazada Seller Center, masuk ke fitur promosi dan pilih fitur gratis ongkos kirim
Keuntungan menggunakan fitur gratis ongkir
Terdapat beberapa keuntungan bagi seller yang menggunakan fitur gratis ongkir di tokonya yaitu sebagai berikut :
1. Beberapa penelitian menunjukan bahwa pelanggan lebih tertarik 4x lipat pada toko seller yang memberlakukan program “gratis ongkir”
2. 28% dari pembeli tidak melanjutkan berbelanja jika terkena ongkos kirim
3. Kebanyakan pelanggan memilih berbelanja dengan mempertimbangkan beberapa poin yaitu Gratis ongkir, Murah dan Nyaman
4. Riset menunjukan jumlah item bertambah sesuai dengan minimal jumlah yang tertera pada program gratis ongkir.
Hal-hal yang perlu diperhatikan Seller
Untuk menikmati program gratis ongkir, seller perlu memerhatikan beberapa hal agar seller dapat menentukan strategi seperti :
1. Anggaran, seller dapat mengatur dan menetapkan anggaran/budget untuk setiap kondisi promosi gratis ongkir. Tetapkan anggaran untuk produk yang anda set memiliki promo gratis ongkir agar tidak rugi.
2. Kondisi gratis ongkir, seller dapat menetapkan promo gratis ongkir sesuai dengan strategi penjualan, dengan mempertimbangkan lebih matang mengenai strategi ini maka akan mempersempit kemungkinan kerugian.
3. Wilayah, sangat penting sekali bagi seller untuk mengetahui promo gratis ongkir yang sedang berlaku saat ini. Dengan begitu, seller dapat mengatur subsidi gratis ongkir berdasarkan wilayah customer. Seller dapat mengakses menu Promosi > Free Shiping > Tarif Wilayah untuk mendapatkan informasi tarif di suatu wilayah. Seller dapat menambahkan produk baru di berat paket > Cek Rincian Biaya Pengiriman
4. Penerapan produk, buat kelompok produk yang memiliki promo gratis ongkir.
Seller dapat membedakan promo gratis ongkir dengan melihat label “gratis ongkir” di tampilan web sesuai dengan kondisi yang di set di Fitur FreeShipping di Seller Center. Berikut contoh tampilan penggunaan promo gratis ongkir untuk wilayah 5 Pulau Sumatera di web Lazada.
Perbedaan Subsidi yang diberikan oleh Lazada dan Seller
1. Subsidi ongkir oleh Lazada ke Customer : Semua seller mendapatkan subsidi ongkos kirim dari Lazada sebesar Rp. 30.000 untuk pembelian minimal Rp.90.000 selama customer dan seller berada pada wilayah 1 hingga 4 (Pulau Jawa + Bali) sesuai dengan ketentuan pada link https://bit.ly/30gYHku
2. Subsidi ongkir oleh seller adalah fitur yang fleksibel yang diatur oleh seller untuk promo gratis ongkir berdasarkan kondisi tertentu. Seller akan menanggung sendiri promo gratis ongkir dan Lazada akan memotong subsidi gratis ongkir yang seller berikan pada customer setiap bulannya di Account Statement.
B. Program Gratis ongkir untuk Customer
Bagi customer Lazada, anda dapat menikmati layanan gratis ongkir pada produk-produk yang memiliki label “Free” atau melakukan filter layanan dan menchecklist “Gratis Ongkir”
Lazada menetapkan ongkos kirim terbaru per tanggal 13 April 2019 yang terdiri dari beberapa wilayah (Wilayah 1-8). Pembagian wilayah dapat dilihat pada gambar berikut :
Berikut merupakan tarif ongkir Lazada terbaru untuk produk yang dikirim oleh Seller :
Produk yang dikirim dari Gudang Lazada, lokasi tidak mempengaruhi ongkos kirim karena ongkos kirim hanya dihitung berdasarkan destinasi atau tujuan pengiriman.
Biaya ongkos kirim hanya akan muncul ketika anda melakukan pesanan di Lazada sesuai dengan tujuan pengiriman, asal pengiriman dan berat dari pesanan.
Lazada telah menyesuaikan ongkos kirim sesuai dengan layanan setiap kurir pengiriman. Customer dapat menikmati gratis ongkos kirim dengan berbelanja sesuai dengan nominal yang telah ditentukan oleh Lazada.
C. Kurir yang dilayani oleh program Gratis Ongkir Lazada
Lazada Indonesia bekerjasama dengan 5 perusahaan logistik yaitu diantaranya JNE, RPX, First Logistic, Pandu Logistic, dan TIKI. Untuk member layanan terbaik, Lazada memiliki kurir internal sendiri yaitu Lazada Express (LEX).