5 Cara Promosi Produk di Bukalapak

5 Cara Promosi Produk di Bukalapak

Siapa sih yang ingin barang dagangannya laku keras dipasaran? Bagi penjual, meningkatnya penjualan merupakan hal yang paling diharapkan karena bisa menjadi tolak ukur semua aspek penjualan dan memotivasi penjual untuk lebih meningkatkan lagi strategi penjualan dan pelayanan. Tetapi bagaimana jika sebaliknya, penjualan menurun bahkan tidak ada satupun pelanggan yang mengunjungi toko kita? Pasti ada yang salah dari strategi yang sudah dirancang sebelumnya. Produk dan profil toko anda sudah bagus namun bisa jadi anda tidak memasarkan produk anda sehingga kurang dikenal oleh pembeli. 

Bukalapak menyediakan fitur promosi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk kepada pembeli. Berikut ini tips yang bisa dilakukan oleh penjual untuk mempromosikan produk di Bukalapak. 

1. Gunakan Fitur Promosi Internal Bukalapak

Bukalapak menyediakan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pelapak untuk mempromosikan produk jualan yaitu Fitur Push dan Fitur Promoted Push.

a. Fitur Push merupakan fitur merupakan fitur yang disediakan oleh Bukalapak untuk mempromosikan produk agar tampil di urutan paling awal pada halaman pencarian atau halaman kategori. Fitur push ini berbayar untuk pelapak. Semakin sering menggunakan fitur ini, maka peluang penjualan barang akan semakin besar. Pelapak dapat memilih fitur push berbayar ini dengan memilih sendiri jenis push yang akan dibeli, bisa dalam bentuk satuan maupun paket.


b. Fitur Promoted Push merupakan fitur yang digunakan untuk menampilkan barang pada halaman khusus bertanda Promoted Push yang terdapat pada halaman pencarian barang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembeli dalam menemukan barang milik pelapak.


2. Gunakan Fitur Promosi BukaIklan

BukaIklan merupakan program yang dimiliki oleh Bukalapak untuk membantu para pelapak dalam mempromosikan lapak keberbagai media seperti Google dan media sosial Facebook. Dengan begitu, barang jualan yang dipromosikan, akan berpotensi dilihat oleh pembeli dan berpeluang meningkatkan penjualan. Cara kerja dari BukaIlkan adalah menampilkan lapak pada halaman hasil pencarian Google sebagai iklan berbayar menggunakan Google Ads. BukaIklan terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu :

a. BukaIklan Shopping 

Cara kerja dari BukaIklan Shopping adalah dengan menampilkan produk pelapak pada halaman hasil pencarian Google. Barang yang tampil terkait dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pembeli. 

b. BukaIklan Facebook

Cara kerja dari BukaIlkan Facebook adalah dengan menampilkan produk pelapak pada halaman Facebook. Dengan penggunanya yang sudah banyak yaitu sekitar 85 juta pengguna, Facebook menjadi media sosial yang sangat berpotensi menjadi pasar bagi para pelapak untuk mempromosikan barang jualan. 

3. Menggunakan Strategi Up Selling

Up Selling merupakan sebuah cara yang biasa dilakukan oleh penjual untuk menjual produk yang diinginkan oleh pembeli dengan menawarkan barang yang berkaitan / yang biasa dibutuhkan jika pembeli member barang tersebut. Tujuannya agar pembeli mengeluarkan uang lebih banyak untuk produk tertentu.


Di Bukalapal tersedia program Product Bundling yang dapat digunakan pelapak untuk menggabungkan maksimal 4 jenis barang jualan untuk dapat dibeli sekaligus oleh pembeli dalam satu kali transaksi. Barang-barang yang dibeli disatu paket ini menawarkan harga yang lebih murah.

4. Menggunakan Fitur Diskon


Bukalapak menyediakan fitur diskon yang dapat digunakan oleh pelapak untuk memberikan harga diskon pada beberapa barang yang dijual. Pembeli selalu tertarik dengan promo diskon yang diberlakukan disetiap online shop. Bukalapak memberi ketentuan yang diberlakukan pada fitur ini seperti penamaan diskon yang jelas, stok barang yang diberlakukan harus selalu tersedia stoknya, harga yang diberlakukan harus sesuai dengan harga pasar, produk memiliki informasi yang jelas seperti menampilkan foto dan deskripsi dan barang yang diberi diskon adalah barang yang banyak diminati oleh pembeli.

5. Menggunakan Fitur Voucher

Fitur voucher merupakan fitur berbayar yang hanya tersedia untuk pelapak yang berlangganan Premium Account Professional dan Premium Account Platinum. Dengan fitur ini, pelapak dapat memberlakukan promo voucher bagi pembeli. Pelapak yang berlangganan, dapat membuat maksimal 3 voucher di Lapaknya. Minimal potongan yang diberlakukan adalah Rp 10.000 dan minimal nilai transaksi voucher sebesar Rp 20.000. Pelapak dapat membuat kode voucher dengan minimum 6 karakter maksimum 10 karakter dan tidak mengandung kata “BL”, “BUKA”, “BUKALAPAK” dan kata yang mengandung SARA. Pelapak dapat mengubah detail voucher selama voucher berstatus belum aktif.



Ayo gabung di platform reseller/ dropship no #1 di Indonesia

www.resellerdropship.com



Komentar

    Tambahkan Komentar

    Chat Admin